Search
  • Kiky Poo

Tips Travelling Menggunakan Sepeda

Updated: Mar 23, 2020

Bikepacking sendiri memadukan kata bicycle touring dan backpacking yang berarti melakukan perjalanan jarak jauh dan menggunakan peralatan camping ringan dan muat dengan frame sepeda. Bikepacking sendiri adalah kombinasi dari penyuka traveling game taruhan tangkas dan pesepeda. Buat kamu yang suka dengan tantangan dan bosan naik kendaraan roda empat atau dua, berarti kamu wajib coba bikepacking ini.


Berikut tips yang bisa dilakukan agar kegiatan bersepeda


Tentukan Rute


Sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya tentukan terlebih dulu destinasi dan jalan yang hendak kamu lewati. Sumber foto


Perhatikan jarak, cuaca, keadaan jalanan dan tanjakan- turunan yang ada. Rute perjalanan yang melewati tempat menarik dan menantang membuat perjalanan lebih seru.


Light Packing


Ketika menempuh perjalanan panjang puluhan kilometer dibutuhkan tenaga dan stamina yang tidak sedikit. Agar tidak menguras energi, pilihlah barang-barang yang multifungsi untuk menghemat jumlah barang yang dibawa serta dengan menggunakan sepeda.


Serta bawalah barang yang ringan dan seminimalis mungkin, kalau mau bawa persediaan makanan ringan dan peralatan mandi usahakan bawa yang kemasan kecil. Jangan khawatir lapar selama perjalanan, karena di sepanjang rute perjalanan, kamu pasti akan banyak menemui warung ataupun minimarket.


Bawalah Barang yang Berguna di Perjalanan


Hati-hati terlalu banyak membawa barang bawaan yang sebetulnya tidak perlu. Sepanjang perjalanan melewati perkotaan, lebih baik membeli barang-barang yang mudah untuk didapatkan selama perjalanan daripada harus membawa-bawanya selama perjalanan.


Pilih barang yang paling dibutuhkan, terutama pompa tangan dan alat tambal ban sepeda pribadi untuk menghindari bocor ban di tengah jalan namun jauh dari jangkauan tukang tambal ban.


Untuk trip pendek, disarankan lebih baik menggunakan tas punggung yang kecil dibanding pannier yang lebih berat sehingga punggung tidak capek membawa bawaan


Untuk mendapatkan performa terbaikketika melakukan perjalan panjang, toleransi berat barang bawaan sebaiknya tidak melebihi berat dari seperempat berat badan pengguna sepeda. Misalnya jika berat badan Anda 100 kilogram, usahakan berat barang bawaan tidak melebihi 25 kilogram.


Keseimbangan itu Penting


Hindari mengaitkan barang bawaan di atas stang sepeda karena akan menghambat saat mengendalikan sepeda. Beban paling baik berada di tengah. Namun jika tidak dapat ditempatkan di tengah Anda bisa menempatkan tas di belakang jok sepeda.


Pilih Backpack Kecil


Backpack sangat dibutuhkan untuk membawa barang-barang bawaan tambahan seperti air minum. Sewaktu-waktu Anda bisa minum dari botol yang dihubungkan dengan selang sehingga tidak perlu repot buka tutup botol selama melakukan perjalanan panjang dengan menggunakan sepeda.


Namun jika memang akan mengganggu dalam perjalanan karena bobotnya akan menjadi beban tambahan, sebaiknya dipertimbangkan kembali ukuran dan berat bawaan yang akan dibawa dengan menggunakan backpack.


Gunakan GPS Sebagai Panduan Perjalanan


Bikepacker umumnya selalu traveling sendirian. Agar tidak tersesat gunakan GPS tracking sebagai panduan jalan dari point A ke point E. Penting juga untuk selalu melakukan pemetaan jalan sebelum berangkat agar tidak tersesat.


Pastikan membawa baterai cadangan untuk GPS, agar perjalanan sesuai dengan waktu yang sudah diperkirakan sebelumnya. Nikmati perjalanan Anda dengan sepeda. Suksesnya perjalanan Anda tidak diukur dari jarak jauh dekatnya tujuan namun Anda bisa tiba kembali dengan selamat di rumah.

9 views0 comments

Recent Posts

See All